Visi dan Misi Lembaga
Minggu, 06 Oktober 2013
0
komentar
Kekhawatiran yang kita rasakan kalau
kita melihat realitas hasil pendidikan saat ini. Anak-anak itu memang menjadi
anak-anak yang berani, percaya diri, spontan dan kreatif. Namun, pada saat yang
sama anak-anak itu mulai kehilangan ketawadhu'an, percaya dan hormat pada guru,
sayang pada yang muda dan hormat pada yang tua, istiqomah, sabar dan
karakter-karakter utama yang mengantarkannya semakin dekat kepada Tuhan.
Bagaimana fenomena ini bisa terjadi?
Bagaimana pun ilmu itu tidak bebas
nilai. Apa yang kita ajarkan kepada anak, secara otomatis membawa nilai-nilai
yang dikandungnya. Nilai-nilai inilah yang akan mempengaruhi dan membentuk
akal, jiwa dan perilaku anak. Karena pada dasarnyaseseorang itu akan berbicara
dan berbuat sesuai dengan nilai-nilai yang diyakininya. Kita tahu bahwa
konsep-konsep dan praktik pendidikan yang ada saat ini sebagian besar -kalau
tidak bisa dikatakan semuanya berasal dari Barat. Ini tidak berarti kita anti
terhadap semua yang datang dari Barat. proses penyerapan ilmu adalah seperti
proses metabolisme tubuh.
Tidak semua yang masuk ke dalam tubuh kita serap,
namun juga tidak semuanya kita tolak. Menyerap atau menolak semua itu hanya
akan menyebabkan kematian. Yang benar adalah menyerap yang baik dan membuang
yang tidak berguna. Masalahnya adalah, bagaimana kita dapat menepis nilai-nilai
asing jika nilai-nilai milik kita sendiri, yaitu Islam, tidak kita pahami
dengan benar? Bagaimana kita bisa menentukan sesuatu itu baik atau buruk, membahagiakan
atau merugikan, jika kita sendiri tidak memahami konsep baik-buruk,
bahagia-merugi menurut Islam?
Sejak awal lembaga pendidikan ini memang
berkomitmen untuk menerapkan konsep dan praktik pendidikan Islam dalam semua
aspeknya. Institusi ini berusaha mengekspresikan kehadiran Islam: yaitu
atmosfer ketenangan yang di dalamnya melahirkan pemikiran-pemikiran brilian dan
mulia; di sana hiruk-pikuk kehidupan sekuler yang penuh kekhawatiran tidak
memiliki ruang; di dalamnya pula penyelidikan-penyelidikan ilmiah di antara
bangunan-bangunan yang ada diwujudkan.
Hal utama yang membedakan Pendidikan
Berbasis Tauhid dengan pendidikan yang ada adalah penanaman adab. Pendidikan
sebagai ta'dib (penanaman adab) adalah proses pendidikan yang bukan hanya
mengajarkan limu yang ada pada buku namun juga sikap, tatacara, kesopanan
kebaikan dan pengabdian sehingga seseorang menjadi siap lahir-batin untuk
menerima pemberian Allah SWT.
Pencapaian kualitas-kualitas,
sifat-sifat dan perilaku yang baik untuk mendisiplinkan pikiran dan jiwa. Penonjolan tingkah laku yang benar dan
tepat sebagai kebalikan dari tingkah laku yang salah dan tidak sesuai. Pemahaman dan penerapan adab yang benar selanjutnya
akan mengantarkan seseorang untuk bertauhid dengan benar. Karena itulah
pendidikan ini disebut dengan Pendidikan Berbasis Tauhid.
Mewujudkan miniatur peradaban Islam
dalam lembaga pendidikan yang berdasarkan nilai-nilai Tauhid dalam mengemban
amanah sebagai abdullah dan khalifatullah.
Misi :
Menjadikan lembaga
pendidikan yang unggul dan kompetitif melahirkan generasi salehah, cerdas,
kader dan mandiri, serta mampu membawa perubahan di dunia Islam.
Terima kasih, anda telah mengunjungi:
Sekali lagi, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk bersilaturrahmi dengan kami.
Postingan kami dengan judul: Visi dan Misi Lembaga
Semoga postingan ini bermanfaat bagi pengunjung sekalian. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi web / blog ini, harap menyertakan link dofollow ke:https://stkiphidayatullah.blogspot.com/2013/10/visi-dan-misi-lembaga.htmlSekali lagi, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk bersilaturrahmi dengan kami.
0 komentar:
Posting Komentar